BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 22 Oktober 2011

Bangunan Lama di Sekitar Pasar Baru Bandung

Cerita mengenai zaman baheula di Pasar Baru Bandung tentu tak akan ada habis-habisnya. Demikian juga dengan romantika penghidupan penghuni di Pasar Baru tempo dulu banyak yang pantas untuk didongengkan. Tentang “Urang Pasar” yang kaya sehingga bisa menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah tinggi. Demikian juga pedagang-pedagang Cina yang pasti bermukim dan berusaha di wilayah ini.

Meski kisahnya tidak terungkap seluruhnya akan tetapi bangunan tua dari toko-toko masih tetap berdiri sampai sekarang menjadi saksi bisu atas kehidupan para penghuninya.

Seperti diketahui bahwa kompleks Pasar Baru Bandung dikelilingi jalan, di bagian depan Pasar Baru adalah jln Otto Iskandardinata, di belakang adalah jln Pasar Barat, di utara adalah jalan Pasar Utara, dan di sebelah selatan adalah kepanjangan jln ABC.

Nah, di sekeliling Pasar Baru ini banyak sekali bangunan-bangunan lama yang masih tetap berdiri tapi kondisinya sudah menghawatirkan dan dalam keadaan tidak terpelihara, maklum perawatan gedung memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Inilah sebagian bangunan lama yang berada di belakang Pasar Baru tersebut.

1. Bangunan lama di jln Pasar Barat

2. Bangunan lama di jln Pasar Barat

3. Bangunan lama di jln Pasar Barat

5. Bangunan lama di jln Pasar Barat

5. Bangunan lama di jln Pasar Barat

Bangunan lama di depan Pasar Baru 1

Bangunan lama di depan Pasar Baru 2

Bangunan lama di samping kiri Pasar Baru



Reposted by Aki Eman (sepanjangjk.wordpress.com)

0 komentar: